Macam - Macam Mesin Laundry Dan Fungsinya

Image not Found

Macam - Macam Mesin Laundry Dan Fungsinya

Pengertian Mesin Laundry (Laundry Machine

Mesin pencuci ialah sebuah mesin yang direncanakan untuk bersihkan baju dan tekstil rumah tangga yang lain seperti handuk dan sprai. Umumnya terbatas ke mesin yang memakai air untuk membersihkan, dan tidak seperti bersihkan kering yang memakai cairan pencuci alternative dan umumnya dilaksanakan oleh usaha khusus.

Perlengkapan Cucian (Laundry Machine)

Bersamaan dengan perubahan / modernisasi industri, karena itu perlengkapan/mesin laundry juga turut ikuti perubahan itu. Sekarang ini beberapa mesin laundry sangat kekinian, beberapa darinya dioperasionalkan dengan mekanisme computer, atau mekanisme kerjanya sudah terprogram dalam computer dan semua sesuatunya akan bekerja atau jalan sesuai perintah yang disuruh oleh operatornya, hingga ini akan memudahkan pekerjaan beberapa operator laundry.

Adapun mesin / perlengkapan laundry itu ialah seperti berikut:

1. Mesin Bersihkan Laundry (Washing Machine).

Mesin ini umumnya dioperasionalkan secara automatis, namun ada banyak beberapa mesin lama yang dioperasionalkan lewat cara manual. Di dalam mesin ini bisa terjadi satu proses pembasahan dan penyabunan (tindakan kimia) dan sekalian proses bantingan yang karena gerak putar dari drum mesin (tindakan teknisi). Pada tindakan teknisi ini baju akan diputar bolak-balik seolaholah dibanting dan pergerakan berputar-putar ini juga memungkinkannya air akan turut berg erak tembus serat kain, hingga kotoran akan terlepas dari kain yang dicuci.

Mesin pencuci ini berperan sebagai mesin pembilas di saat membersihkan baju atau membersihkan pada cucian yang lain. Mesin ini diperlengkapi dengan: a. Keran air dingin dan air panas untuk membersihkan b. Keran steam yang bisa memanasi cucian c. Timer/pengontrol waktu d. Suhu/pengontrol panas e. Tingkat/pengukuran tinggi air dalam mesin f. Keran pembuangan air g. Pintu untuk masukkan dan keluarkan cucian h. Kunci pemutar mesin i. Kotak untuk masukkan chemical / bahan pencuci untuk membersihkan

2. Mesin Pemeras (Extractor machine).

Mesin ini berperan sebagai mesin pemeras, di proses pemerasan ini baju akan diputar dengan kecepatan tinggi, hingga air yang membasahi baju akan terhisap keluar dan baju jadi lembab. Periode waktu proses pemerasan ini disamakan dengan tipe dan kondisi material yang diperas, semakin tebal material baju itu karena itu waktu pemerasannyapun semakin lama. Mesin pemeras ada sebagai satu pada mesin pencuci tapi ada pula yang terpisah dari mesin pencuci, mesin ini disebutkan extractor machine. Mesin ini diperlengkapi dengan : a. Sakelar ON/OFF untuk hidupkan dan mematikan mesin b. Rem, untuk hentikan mesin, sesudah usai proses pemerasan c. Pintu masuk dan keluarnya cucian d. Keran pembuangan air.

3. Mesin Pengering ( Drying Tumbler)

Mesin ini dipakai untuk keringkan baju yang telah diperas. Proses pengeringan ini dilaksanakan dengan mengembuskan udara panas di dalam drum mesin yang berputar-putar. Udara panas ini umumnya dibuat dari pembakaran gas, steam (uap panas) atau element electric. Mesin ini diperlengkapi dengan : a. Keran steam (pemanas cucian) b. Suhu (pengukuran panas) c. Timer (pengontrol waktu) d. Pintu masuk dan keluas cucian e. Filter Kotoran cucian 4. Mesin Pelicin (Pressing Machine)

Mesin pelicin/press terbagi dalam berbagai tipe atau peranan, dan dapat kita bedakan seperti berikut: a. Mesin Press Panas (Garment Press):

  1. Setrika biasa (Electric Iron) Setrikaan ini memakai daya listrik (element) untuk sumber panasnya, dan dioperasionalkan dengan manual (dengan tangan).

  2. Garment Press terbagi dalam: • Collar dan Cuff Press untuk melicinkan kerah dan pergelangan tangan baju panjang. • Mushroom Garment Press untuk melicinkan sisi dada punggung, bahu dan tangan dari baju. • Utility Garment Press untuk melicinkan celana sisi bawah. • Wool press terbagi dalam, hebat pant press, mushroom press dan utility wool press.

  3. Hand Iron Steam Setrika ini ibarat electric iron, tapi memakai steam (uap panas) sebagai pemanasnya, setrika ini digerakkan dengan tangan biasa. Mesin ini diperlengkapi dengan: a. Pengontrol panas/temperature b. Keran steam c. Penyemprot steam/air d. Padding dengan covernya e. Karet bantalan/alat setrika f. Padding untuk lengan g. Pedal steam untuk menggemboskan

4. Suxy Q Press / Bodi Former.

Mesin yang dipakai untuk membuat tubuh dari jas/mesin yang digunakan untuk melicinkan jas dan semacamnya. Mesin ini diperlengkapi dengan: a. Klip stainlessteel muka dan belakang b. Stick untuk lengan c. Keran steam d. Pedal untuk keluarkan steam dengan angin e. Tombol ON/OFF f. Tombol otaomatis g. Timer h. Kayu pencapit

5. Mesin Flat Work Ironer / Mangler.

Mesin ini kerap disebutkan dengan Roller, Ironer dan dipakai untuk mengepress bahan yang berupa lembar, seperti sheet (sprei), pillow case (sarung bantal), taplak meja (table cloth), napkin (lap) dan lain-lain. Mesin ini diperlengkapi dengan : a. Keran Steam b. Suhu c. Pengontrol kecepatan d. Tombol ON/OFF untuk hidupkan dan mematikan mesin e. Dua pedal untuk rapatkan bantalan f. Dua pedal untuk renggangkan bantalan g. Pengaman automatis h. Silinder i. Padding j. Belt, Sabuk pengikat silinder

6. Mesin Pembasmi Bintik ( Spooting Board Machine)

Mesin ini dipakai untuk hilangkan noda-noda pada baju dengan menggunakan beragam tipe spot removal. Mekanisme kerja dari mesin dengan menggunakan steam, penyedot (vacuum) dan angin penyemprot (compressor). Spoting ini dilaksanakan saat sebelum baju dicuci, hingga di saat dicuci bintik tidak ada. Alat ini diperlengkapi dengan : a. Hand brush: sikat tangan berbahan nilon b. Chemical (Obat pencuci noda) c. Spatula, seperti pipa untuk merokok dibuat dari gading gajah, khusus digunakan sebagai alat pencuci bintik pada cucian-cucian yang lembut seperti wool, sutera dan cucian lain semacam).

7. Mesin penanda (Polimark Macine).

Mesin ini dipakai untuk memberikan pertanda (marker) kesemua cucian yang hendak dicuci supaya tidak terganti di antara pemilik yang satu sama lainnya.

8. Mesin Dry Cleaning.

Mesin ini dipakai untuk membersihkan baju yang eksklusif, seperti pakaian acara pesta atau jas dan bahan yang tidak kuat bila dicuci sama air seperti wool, sutra dan bahan yang lain tipis. Media pembersih dari mesin ini ialah Solvent (Percloro Ethyline), solvent bisa digunakan ber(l)ulang-ulang. Bila solvent mulai kotor bisa disaring kembali dan dipakai kembali. Mesin ini diperlengkapi dengan : a. Washer /pembersih b. Extractor/pemeras c. Dry tymbler/pengering d. Keran steam e. Air f. Angin g. Filter h. Button trap : jebakan kancing i. Still : alat suling untuk distilasi j. Muck coocker : Tempat untuk mengolah solvent kotor k. Flow line : Pipa-pipa aliran l. Tombol otomatic dan manual m. Penyimpanan tank: bak solvent

You May Also Like