Pengertian Napkin dan Cara Membuatnya

Image not Found

Pengertian Napkin

Napkin ialah lap atau handuk muka yang berada di atas meja makan dan pemakaiannya untuk mengusap bibir dan jemari saat kembali makan. Lap umumnya memiliki ukuran kecil dan ditempatkan di meja dalam status terlipat.

Wujud lipatannya dapat berbagai macam, dimulai dari yang simpel sampai yang sulit. Umumnya ukuran lap makan atau napkin ialah 45 cm x 45 cm atau Ukuran 50 cm x 50 cm dipakai saat lunch dan dinner. Dan untuk breakfast disebut lap jemari ukuran 35 cm x 35 cm atau 40 cm x 40 cm.

Cara Membuat Napkin

Riwayat Napkin

Zaman dulu, saat jaman romawi kuno beberapa orang dari golongan Yunani Kuno memakai roti untuk mengusap tangan mereka saat makan. Dari sini ada istilah roti lap dan bersambung pemakaian lap kertas di Cina Kuno.

Disini kertas diketemukan pada era kedua saat sebelum masehi dan lap kertas dikenali bernama Chih Pha yang dapat di lipat kotak dan dipakai untuk beberapa orang yag pesan teh. Info ini diperkokoh dengan bukti tekstual lap kertas ada dalam deskripsi harta punya keluarga Yu dari kita Hangzhou.

Singkat kata, awalnya tengah lap / napkin tak lagi digunakan. Tangan dan mulut diusap dengan apa saja yang ada di atas meja. Tetapi sekitaran tahun 1415-1475 napkin digunakan kembali.

Era ke-17 napkin atau lap mulai distandarkan panjang dan ukuran. Untuk panjang standarnya ialah 35 inchi dan lebar 45 inchi. Sekian tahun sesudahnya, ukuran lap alami kembali peralihan sampai jadi 35 inchi dan lebar 30 inchi.

Tipe - Tipe Napkin dan Langkah Membuat

Berikut contoh beberapa macam napkin yang kemungkinan akrab dan bagaimanakah cara melipatnya :

Napkin Pocket ( Lipatan Kantong)

Napkin tipe ini umumnya dipakai saat rekreasi atau berekreasi

Napkin Accordion ( Lipatan Kipas)

Langkah melipat napkin ini hampir serupa dengan membuat origami.

Napkin Classic

Napkin Rose

Napkin Rose adalah tipe lipatan napkin yang menawan dan cantik. Memiliki bentuk yang lentur jadikan situasi meja makan berasa lebih romantis dan intimate.

Peranan Napkin

Napkin sebagai salah satunya instrumen penting dalam sebuah restoran yang memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut :

Sebagai pendamping dan percantik meja makan

Napkin yang dibikin dengan lipatan-lipatan yang elok akan menambahkan kesan-kesan cantik dimeja beberapa tamu. Tentu saja ini akan tingkatkan kualitas servis di mata tamu

Jaga kebersihan tempat sekitaran tamu duduk

Dengan napkin, waiter/ess yang bekerja akan menyimpan napkin dipangkuan tamu dengan arah bila ada minuman atau makanan yang jatuh itu tidak berkenaan baju tamu

Bersihkan mulut

Sama seperti yang kita mengetahui, ini ialah peranan dasar dari napkin yakni sebagai alat penyeka makanan yang melekat disebelah bibir / mulut.

Panduan Hasilkan Lipatan Napkin yang Cantik

Tidak boleh membuat napkin yang terlampau tinggi hingga bisa tutupi muka tamu yang lain Tidak boleh membuat kebanyakan lipatan karena lap makan akan gampang kotor saat sebelum dipakai Seharusnya pakai lap yang memiliki ukuran cukup besar (50 cm x 50 cm), dengan arah untuk mempermudah dalam melipatnya hingga hasilnya akan lebih bagus dan cantik. Ukuran lap makan harus pas dan simetris semua seginya. Untuk lipatan lap makan yang standing, pakailah lap makan yang kaku. Bila lap makan lembut pakai lap makan yang kuat

You May Also Like