Tugas dan Tanggung Jawab Bartender

Image not Found

BARTENDER adalah Seseorang yang menyajikan minuman di bar. Tugas dan Tanggung Jawab Bartender kami ulas dibawah. Morgud.com Apa yang disebut bartender wanita?

bartender, pelayan bar, pelayan bar (wanita)

Bartender adalah seseorang yang menyajikan minuman di belakang bar berlisensi untuk membayar pelanggan. Seorang bartender juga bisa disebut barkeep atau pelayan bar. Bartender ditemukan di bar, pub, kedai, klub malam dan tempat-tempat lain. Bartender mencampur dan menyajikan minuman, dan sebagian besar minuman yang dibuat bartender mengandung alkohol, seperti bir, anggur, minuman keras, minuman keras, pendingin, dan koktail.

Mereka juga menyajikan air, jus, pop dan minuman non-alkohol lainnya untuk pelanggan yang tidak ingin minum alkohol seperti pengemudi yang ditunjuk atau non peminum. Selain membuat dan menyajikan minuman, bartender juga bertanggung jawab untuk mengambil pembayaran untuk minuman (baik dari pelanggan, pelayan atau pelayan), menjaga persediaan minuman keras dan barang pecah belah, menjaga area bar tetap bersih, memelihara es dan hiasan yang cukup di tangan dan menyajikan makanan kepada pelanggan yang duduk di bar.

Baca Juga: Pengertian Bar, Apa itu Bartender?

Tugas dan Tanggung Jawab Bartender Lengkap

Struktur Organisasi Hotel. Hotel ialah sebuah bangunan yang diatur secara komersil untuk memberi servis ke beberapa tamu atau pengunjung berbentuk service pemondokan, service minum dan makan, dan service yang lain yang dikasih ke tamu untuk mememenuhi keperluan tamu sepanjang bermalam, dan untuk memperoleh keuntungan untuk faksi hotel. Untuk jalankan operasional satu hotel, sebuah hotel membutuhkan sebuah struktur organisasi hotel. Struktur organisasi hotel bergantung oleh kecil besarnya satu hotel.

Tugas Bartender

Tugas Bartender adalah Mengolah dan sediakan minuman untuk beberapa konsumen setia. Selalu membuat resep-resep minuman baru dan hitung nilai jual. Berkreatifitas dan membuat daya magnet pada tiap minuman yang dihidangkan. Bertanggungjawab atas penyediaan keperluan perlengkapan, garnish, bahan minuman yang hendak dipakai.

Pekerjaan dan tanggung-jawab seorang Bartender ialah seperti berikut :

1. Saat Sebelum Bar Membuka:

Bartender betugas saat Sebelum Buka:

  • Bersihkan ruang bar khususnya pada beberapa bagian yang belum dibikin bersih houseman.
  • Mengelap meja, bangku, konter dan botol-botol minuman.
  • Ambil berbagai macam minuman, groceries dan perishable dari gudang untuk gantikan beberapa barang yang telah laris atau untuk menambahkan stock di saat mendekati aktivitas.
  • Sediakan es batu dengan jumlah yang cukup.
  • Ambil beberapa barang / supplies yang stoknya kurang dari steward, seperti mudler, coaster, olive-pick, paper napkin, straw, dan gelas-gelas.
  • Mempersiapkan welcome drink untuk beberapa tamu yang cek in hari itu. Bagus untuk tamu VIP, tamu biasa, tamu kelompok atau tamu yang tiba secara individu.
  • Mempersiapkan fresh lime jus untuk kombinasi cocktail atau sliced lemon untuk garnish dan lain-lain.
  • Mempersiapkan dan atur beberapa alat untuk operation mencakup shaker, jingger, cocktail strainer, funnel, bar knife, can opener, cork screw, bottle opener, ice spoon, ice tongs, wine basket, dan lain-lain.
  • Mempersiapkan condiment seperti Tabasco dan lea dan perrins saus syrup, angostura bitter, fresh eggs dan lain-lain, termsuk cherry, olive, salt dan pepper ( garam dan merica ).
  • Sediakan potato chips, cassava chips, peanuts dan lain-lain.
  • Mempersiapkan bir, soft drink, white wine, di tempat dingin dengan jumlah yang cukup.

2. Waktu Bar Membuka

Bartender betugas saat pembukaan Berlangsung:

  • Membuat cocktail pesanan tamu sama sesuai standar resep dan ukuran yang sudah diputuskan.
  • Selalu jaga kerapihan dan kebersihan tempat kerja
  • Selalu rapi dalam performa, santun, ramah dan jaga jalinan baik dengan beberapa tamu dan lain-lain.

3. Waktu Bar Tutup

Bartender betugas saat Bar Tutup:

  • Mempersiapkan beberapa alat ketempat sebelumnya sesudah dibikin bersih dan dikeringkan keseluruhannya.
  • Kumpulkan botol-botol kosong dan menyimpan di tempat yang sudah ditetapkan.
  • Menata ulang botol-botol minuman di tempat penyimpanan.
  • Membereskan dan bersihkan konter dari remah-remah makanan untuk menghindar bahaya tikus atau serangga yang lain.
  • Memberikan laporan ke Bar Supervisor jika memperoleh kendala atau permasalahan waktu operation.

Tanggung Jawab Bartender

Cara Kerja Bartender Dalam Melayani Tamu

Ada banyak tingkatan kerja yang perlu dilaksanakan dengan seorang bartender saat lakukan servis di bar diantaranya :

  1. Bisa kuasai kondisi dan tidak grogi.
  2. Kuasai Bahasa Inggris untuk komunikasi dua arah.
  3. Memerhatikan kemauan tamu yang dilayani tanpa tentukan kasih atau pandang bulu-bulu, berlaku adil dan tidak menepikan lainnya.
  4. Layani dengan muka cerah, santun, murah senyuman, dan tak lupa greeting.
  5. Menjaga kebersihan dan kesehatan badan dengan uniform yang bersih juga.

Salah satunya pekerjaan penting dari bartender ialah membuat dan membuat beragam jenis tipe minuman secara baik sesuai standar resep yang sudah ditetapkan, oleh karenanya bartender dituntut agar semakin banyak ketahui tipe minuman dan langkah penyuguhan dan servicenya. Seorang bartender harus memahami akan perbedaan dari setiap material dasar dalam pembikinan minuman baik minuman cocktail atau minuman moctail. Supaya kualitas produknya selalu terlindungi dan berkualitas hingga tamu tidak berasa dirugikan.

Adapun banyak hal yang penting jadi perhatian dengan seorang bartender untuk mengundang perhatian tamu diantaranya :

a). Performa yang memikat

Performa seorang bartender sebaiknya menarik dan mempunyai kebersihan anggota badan yang bagus. Wewangian badan yang harum dan kerapihan yang tetap harus dijaga dan sikap humoris dalam layani tamu. Jaga perkataan ketika bicara langsung dengan tamu, tidak asal berbicara dan tidak menambahi perbincangan tamu saat tamu tidak memerlukan bartender bicara pada tamu itu.

b). Pertunjukan (Jugling / Working Flair)

Seorang bartender harus memiliki ketrampilan dalam melemparkan botol atau dalam kata lain, bartender ialah juggling. Pertunjukan ini dilaksanakan di depan tamu langsung sekalian nikmati minuman yang sudah disuguhi. Jugling dapat dilaksanakan misalkan dengan melemparkan shaker kea rah belakang atau punggung sibartender, diamankan, dilempar kembali ke atas dengan keadaan pada udara memutar sampai minuman itu tercampur secara baik.

c). Kreativitas Minuman Yang Sama sesuai Hasrat Tamu

Minuman-minuman yang umum dihidangkan seorang bartender harus bisa memberikan kepuasan tamu di bar, bisa menambahkan dan tingkatkan tingkat pemasaran minuman. Hingga kreativitas minuman yang disuguhi harus baru dan tidak ada bar yang membuat awalnya.

Cara Membuat Minuman Campuran

Salah satunya keuntungan dalam pengendalian satu bar bisa didapat hasil dari pemasaran minuman khususnya minuman kombinasi. Ada cara-cara untuk membikin minuma kombinasi, yakni seperti berikut :

1. Shaking

Yakni membuat minuman kombinasi dengan mengocak dalam shaker (alat pengocok), disaring dan langsung dituangkan di dalam gelas penyaji. Langkah semacam ini dipakai untuk membikin minuman kombinasi yang beberapa bahannya susah digabung atau dicampurkan seperti susu dan telur ayam, misalnya dalam pembikinan pinklady, slide car.

2. Stiring

Yakni membuat kombinasi dengan mengeduk di gelas penyaji saat sebelum minuman dihidangkan. Seluruh bahan dituangkan ke gelas penyaji, diaduk-aduk sampai rata sampai seluruh bahan tercampur secara baik dan dihidangkan. Misalnya dalam pembikinan orange squash, lemon squash, camparisoda, dan lain-lain.

3. Blending

Yakni membuat minuman kombinasi dengan memakai electric jus untuk mengaduknya selanjutnya menuangkannyake di gelas penyaji. Misalnya ialah dalam pembikinan mixed jus (sari buah campur).

4. Floating

Yakni dengan tuangkan beragam tipe minuman satu demi satu secara berurut ke gelas penyaji hingga masing-masing Terlihat terpisah / tidak tercampur di gelas. Misalnya ialah dalam pembikinan coffee float, rainbow, dan lain-lain.

5. Preparing

Yakni dengan tuangkan langsung ke gelas penyaji. Minuman bahan bakunya dihidangkan dengan diperlengkapi mudler (pengaduk) dan bahan campurannya dituangkan ke gelas yang sudah berisi bahan baku barusan di depan tamu dan diaduk-aduk sendiri oleh tamu. Misalnya dalam pembikinan whisky soda, gin tonic, dan lain-lain.

6. Mixing

Yakni minuman kombinasi dengan mengeduk di gelas pencampur (mixing glass) dengan memakai sendok panjang (long bar spoon) lalu disaring dengan penyaring cocktail (cocktail strainer) dan dituangkan. Misalnya dalam pembikinan martini cocktail.

Tiap pencampuran minuman harus sesuai resep,dan memakai beberapa alat ukur yang telah ditetapkan seperti jigger, spoon, measuring glass dan lain-lain. Jangan memakai taksiran sebagai ukuran, sekalinya bartender itu sangat eksper.

You May Also Like